Pentingnya Budaya Membaca

 

                 Menurut kamus besar bahasa indonesia membaca adalah melihat serta memahami isi dengan melisankan atau dalam hati. sangat disayangkan dewasa ini dimana minat baca dikalangan pelajar sangat menurun, ini disebabkan oleh banya faktor terutama dengan kemajuan teknologi pada saat ini.

                 Ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh dengan membaca, berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari membaca diantaranya adalah :

                 1. Stimulasi mental Studi menunjukkan bahwa membaca setiap hari dapat mencegah Alzheimer dan Demensia, karena dengan membaca, otak terjaga tetap aktif dan membuatnya tidak mudah kehilangan ingatan. Sama seperti otot lain di dalam tubuh, otak membutuhkan latihan agar tetap kuat dan sehat.

                 2. Mengurangi stres Anda mungkin menghadapi stres di tempat kerja ataupun dalam hubungan pribadi. Belum ditambah masalah lain yang tak terhitung jumlahnya dalam kehidupan sehari-hari. Karenanya Anda perlu meninggalkan ketegangan itu sejenak. Nah, novel yang ditulis dengan baik dapat membawa Anda ke alam lain, sementara sebuah artikel menarik akan mengalihkan perhatian Anda dari rutinitas yang membosankan. Maka jika Anda ingin lebih rileks, cobalah untuk membaca, terutama hal-hal yang menggembirakan dan inspiratif.

                 3. Pengetahuan Semua yang Anda baca akan mengisi kepala Anda dengan informasi baru, dan suatu saat hal-hal itu akan berguna. Semakin banyak pengetahuan yang Anda miliki, semakin baik Anda menghadapi tantangan yang datang.

                 4. Memperbanyak kosakata Semakin banyak Anda baca, semakin banyak kata yang Anda dapatkan. Ini membantu Anda berbicara dan mengekspresikan banyak hal dengan baik, sehingga sangat membantu dalam profesi apa pun. Selain itu, menyadari bahwa Anda dapat berbicara dengan orang lain dengan rasa percaya diri bisa menjadi dorongan besar untuk kehidupan Anda. Mereka yang membaca dengan baik, akan berbicara dengan baik, dan memiliki pengetahuan luas tentang berbagai topik. Mereka ini cenderung mendapat promosi lebih cepat dari pada orang yang memiliki sedikit kosakata dan kurang memahami sastra, terobosan ilmiah, dan kejadian global.

                  5. Memperbaiki memori Saat membaca novel, Anda harus mengingat berbagai karakter, latar belakang, ambisi, maupun sejarah untuk memahami cerita. Memang ini terdengar sulit untuk diingat, tapi otak kita adalah benda menakjubkan yang bisa mengingat hal-hal ini dengan relatif mudah.

                    6. Keterampilan berpikir analitis Pernahkah Anda membaca novel misteri yang penuh teka-teki, dan memecahkan misteri itu sebelum menyelesaikan bukunya? Jika demikian, Anda termasuk orang yang dapat menerapkan pemikiran kritis dan analitis untuk mencatat semua rincian dan mengungkap kesimpulan dari teka-teki itu. Membaca jelas dapat melatih kita memahami rangkaian peristiwa, runutan dan jalannya cerita, sehingga otak kita menjadi lebih mampu memproyeksikan kesimpulan dari informasi yang tersedia.

                    7. Meningkatkan konsentrasi Dalam rentang 5 menit, rata-rata orang akan membagi waktunya antara mengerjakan tugas, memeriksa email, mengobrol dengan beberapa orang via chat, skype, mengawasi twitter, memantau ponsel mereka, dan berinteraksi dengan rekan kerja. Perilaku seperti itu menyebabkan tingkat stres meningkat, dan menurunkan produktivitas kita. Ketika Anda membaca sebuah buku, semua perhatian Anda terfokus pada cerita, dan Anda dapat melibatkan diri Anda dalam setiap detail yang Anda rasakan. Cobalah membaca selama 15 sampai 20 menit sebelum bekerja, Anda akan terkejut melihat betapa Anda lebih fokus begitu Anda sampai di kantor.

                    8. Keterampilan menulis Membaca karya yang diterbitkan dan ditulis dengan baik memiliki dampak yang nyata pada tulisan seseorang. Pasalnya mengamati irama, aliran, dan gaya penulisan orang lain akan selalu mempengaruhi karya Anda sendiri. Dengan cara yang sama seperti para musisi saling mempengaruhi satu sama lain, dan pelukis menggunakan teknik yang digunakan maestro sebelumnya, begitu pula penulis belajar bagaimana menyusun prosa dengan membaca karya orang lain.

                    9. Ketenangan Selain relaksasi yang menyertai seseorang saat membaca buku yang bagus, ada kemungkinan subjek yang Anda baca dapat menghasilkan kedamaian dan ketenangan batin yang luar biasa. Membaca teks spiritual dapat menurunkan tekanan darah dan menimbulkan rasa tenang dan damai, sementara membaca buku self-help telah terbukti membantu orang-orang yang menderita gangguan mood tertentu dan mereka yang memiliki penyakit mental ringan.

                   10. Hiburan gratis Sebagai alternatif hiburan, Anda dapat mengunjungi perpustakaan setempat dan berselancar dalam deretan buku-buku yang tak terhitung jumlahnya yang tersedia di sana secara gratis. Anda juga bisa memilih berbagai topik yang ingin Anda ketahui. Selain bertambah pintar, dengan membaca Anda juga akan terhibur. Jadi mulailah mencari sesuatu yang bagus untuk dibaca, jangan hanya mengamati status orang-orang di media sosial...

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "10 Manfaat Mengapa Anda Harus Membaca Setiap Hari", https://lifestyle.kompas.com/read/2017/09/08/064300320/10-manfaat-mengapa-anda-harus-membaca-setiap-hari
Penulis : Iwan Supriyatna

Bursa kerja SP11C

Alumni

  

No

Nama  Foto Jabatan Mengajar
1

Hj. Ely Anita, S.Pd, M.A

 

  Kepala Sekolah  
2 Solatillah, S.Pd   Wakasek Kurikulum Produktif OTKP
3 Hj. Farita Nurmala, M.Pd   Wakasek Sarpras Produktif Akuntansi
4 Marjuki, SS   Wakasek Kesiswaan Bahasa Inggris
5 Djoko Sumartono, M.Pd   Wakasek Humas Produktif TKJ / KIMIA
6 Rivana Dewi, S.Pd   Bendahara Sekolah Produktif Akuntansi
7 Mildiana, S.Pd   Ketua EDS Matematika
8 Samadi, S.Pd   Guru PKN
         
10 Elinda, M.Pd   Guru IPS
         
12 Sulisfijati, S.Pd   Guru Produktif Administrasi Perkantoran
13 Heni Alamsari, S.Pd   Guru Sejarah Indonesia
14 Suryanti,S.Pd    Guru K3LH
15 Fitri Yeni, S.Pd    Kaprodi Akuntansi Kewirausahaan
16 Marpuah, SE   Guru Produktif AP
17 Untung Sudarto, M.Pd    Guru PENJASKES
18 Sri Fatmawati, s.Pd   Guru Matematika
19 Nunung Supriyati, S.Pd   Guru Bahasa indonesia
20 M. Nurhakim, SE   Guru Produktif Akuntansi
21 Ani Partisani, S.Pd   Guru Produktif Pemasaran
22 H. Dadang Yusuf, S.Pd    Guru Bahasa Indonesia
23 Hj. Herdiana, S.Pd   Guru Budi Pekerti
24 Wiwi Sukrisni, S.Pd   Guru Bahasa Jepang
25 Wahudi.H.S, S.Pd   Guru Agama Islam
26 Umi Chasanah, S.Pd   Guru Produktif Pemasaran
27 Muchiyarrul Kumar, S.Pd   Guru Kewirausahaan
28 Lainah, S.Pd   Kaprodi Bisnis Daring Produktif Pemasaran
29 Muisah, S,Pd   Guru Agama Islam
30 Hj. Kusriyani, S.Pd   Guru Pkn
31 Yuda Nurhidayat, S.Pd   Guru PENJASKES
32 Hafidz Ahmad. Z, S.Kom   Guru Produktif TKJ / KKPI
33 Ahmad Luthfi, S.Pd   Guru Budi Pekerti
34 Eva Hadiningsih, S.Pd    Guru Bahasa Indonesia
35 Eka Fitri Yulianti, S.Pd    Guru Matematika / IPA
36

Ade Wiryanti, S.Pd

 

Guru Bahasa Indonesia
37

Dwi Lusmilawati, S.Pd

 

Kaprodi OTKP Produktif Administrasi Perkantoran
38 Suprayitno, ST   Kaprodi TKJ Produktif TKJ
         
         
41 Susilo, S.Kom   Teknisi Komputer Produktif TKJ / Simulasi Digital
42 Hasani, S.Pd   Guru Bahasa Inggris
43 Ose Komalasari, S.Kom   Guru Bahasa Inggris
44

Dewi Pebriyanti, S.Pd

 

Guru Matematika / IPA
45 Ihsan Ramdani, S.Pd   Guru Agama Islam
46 M. Febriyanto, S.Pd   Guru Bahasa Inggris
47

Abdul Fatah, S.Pd

 

Guru Bahasa Inggris
48 Gita Maulifah, S.pd   Guru Produktif Pemasaran
49 Luthfia Rhiescandini, S.Pd   Guru BP
50

Dewi Gusda Eka Putri

 

Guru Produktif Bisnis Daring Dan Pemasaran
51 Nunung Anggraeni, SE   Guru Produktif Akuntansi
52 Meita Andrian Sari, S.Kom   Guru Produktif TKJ
53 Affan Gaffar, S.Kom   Guru Desain Grafis
54 Arif Ghofirin, S.Pd   Guru BP